Jumat, 26 Juli 2024

Banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

 

Jumat, 26 Juli 2024 Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria

 “Biarlah pasangan suci, yang dihormati oleh Tuhan, Yoakim dan Anna, sebagai kerabat Tuhan, dirayakan dengan keceriaan dan nyanyian yang indah; karena mereka melahirkan bagi kita dia (Perawan Maria) yang, di luar pemahaman kita, melahirkan Dia (Tuhan kita Yesus Kristus) yang tanpa daging, namun menjadi fana demi keselamatan dunia; dan bersamanya mereka berdoa agar kita dapat diselamatkan.”—Troparion untuk Pesta Santo Joachim dan Ann (Ritus Bizantium)
      
Sumber: https://1.bp.blogspot.com

   Bacaan dari Kitab Sirakh (44:1.10-15)     
    
"Nama mereka hidup terus turun-menurun."
        
Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para leluhur kita, menurut urut-urutannya. Mereka adalah orang-orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa; semua itu tetap disimpan oleh keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. 

Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak mereka pun demikian pula keadaannya. Keturunan mereka akan lestari untuk selama-lamanya, dan kemuliaannya tidak akan dihapus. Dengan tenteram jenazah mereka dimakamkan, dan nama mereka hidup terus turun temurun. Kebijaksanaan mereka diceritakan oleh bangsa-bangsa, dan para jemaah mewartakan pujian mereka.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan
Betapa menyenangkan tempat kediaman-Mu, ya Tuhan semesta alam.
Ayat. (Mzm 132:11.13-14.17-18; R: Luk. 1:32a)
1. Tuhan telah menyatakan sumpah setia kepada Daud, Ia tidak akan memungkirinya, “Seorang anak kandungmu akan Kukuduskan di atas takhtamu.” 
2. Sebab Tuhan telah memilih Sion, dan mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya, “Inilah tempat peristirahatan-Ku untuk selama-lamanya, di sini Aku hendak diam, sebab Aku mengingininya.
3. Di sanalah Aku akan menumbuhkan sebuah tanduk bagi Daud, dan menyediakan pelita bagi orang yang Kuurapi. Musuh-musuhnya akan Kutudungi pakaian keaiban, tetapi ia sendiri akan mengenakan mahkota yang semarak!”
 
Bait Pengantar Injil
Alleluya, alleluya.
Ayat. Dengan rela hati Allah telah melahirkan kita oleh sabda kebenaran, supaya kita menjadi anak sulung ciptaan-Nya.
      
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (13:16-17)
   
"Banyak nabi dan orang saleh telah rindu melihat yang kamu lihat."
     
Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Berbahagialah matamu karena telah melihat, berbahagialah telingamu karena telah mendengar. Sebab, Aku berkata kepadamu: Banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

Sumber : renunganpagi.id

Renungan:

Apakah kita bisa merasakan, bahwa kita sudah menemukan sesuatu hal yang sangat mulia yang banyak dicari orang? Orang-orang merindukan kebahagiaan lahir batin, jiwa raga, damai, sukacita, joyfull, ketenangan diri, dan kebijaksanaan sejati.

Mereka yang punya harta melimpah, mencarinya sampai ke ujung dunia, namun kita tidak tahu apakah mereka sudah menemukannya. Sering kita mendengar banyak cerita, orang yang sangat terkenal, yang kaya raya, yang bergelimang segalanya, namun jiwa mereka merasa kosong. Mereka mencari-cari bagaimana mengisi kekosongan jiwa ini.

Inilah yang dikatakan Yesus:
“Berbahagialah matamu karena telah melihat, berbahagialah telingamu karena telah mendengar. Sebab, Aku berkata kepadamu: Banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.”

Apakah yang dimaksud dengan Sabda Tuhan ini? Yaitu bahwa kita sudah menemukan sumber kebahagiaan sejati, sumber damai, sukacita, kepenuhan jiwa; yaitu Kerajaan Allah yang mewujud dalam diri Yesus Kristus. Banyak orang mencarinya, namun kita sudah menemukannya.

Maka semoga kitra semakin menyadari hal ini. Tiada sesuatu kekuatiran pun yang berhak merampas sukacita yang sudah kita miliki. Mari kita bergembira atas hal ini. Bersama Santo Yoakim dan Santa Anna, orang tua Bunda Maria, yang melahirkan Yesus ke dunia. Mereka sudah disiapkan Allah, agar kita dapat melihat dan menemukan Sumber sukacita sejati, agar kita dapat melihat wujud nyata dari Kerajaan Allah, yaitu Yesus Kristus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar