Jumat, 06 Januari 2023

“Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

 

Sumber: https://bit.ly/3Zcegsn

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (5:5-13)

"Kesaksian tentang Anak Allah."

Saudara-saudaraku terkasih, tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah! Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah.

Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh, air dan darah, dan ketiganya adalah satu. Kesaksian manusia kita terima, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu didalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Allah menjadi pendusta karena orang itu tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak Allah, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Dia, ia tidak memiliki hidup. Semuanya ini kutuliskan kepada kamu supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Mazmur Tanggapan

Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem

Ayat. (Mzm 147:12-15.19-20)
1. Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
2. Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari.
3. Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.

Bait Pengantar Injil
Alleluya, alleluya
Ayat. (Mrk 9:6; 2/4)
Langit terbuka, dan terdengarlah suara Bapa: Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, dengarkanlah Dia.
   
Inilah Injil Suci menurut Markus (1:7-11)

“Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Tatkala banyak orang datang minta dibaptis, Yohanes memberitakan, “Sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat keluar dari air, Yesus melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

Renungan:

Setelah peristiwa Natal, Yesus benar-benar telah hadir di dunia. Dan Yohanes Pembaptis mulai memperkenalkan Yesus kepada khalayak umum. Dan kata-kata yang dipakai oleh Yohanes Pembaptis sungguh membuat kita angkat topi kepadanya. Yohanes Pembaptis sungguh menghormati dan sangat merendahkan dirinya di hadapan Tuhan Yesus Kristus.

“Sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.

Dan Yesus pun tidak kalah agung dan luhur. Sekalipun Ia adalah Putera Allah yang akan membaptis orang dengan Roh, namun sesuai dengan tradisi di situ, Ia pun minta dibaptis dengan air oleh Yohanes Pembaptis.

Pada saat keluar dari air, Yesus melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Berbahagialah kita yang mengenal Yesus. Yang diijinkan menjadi bagian dari murid Yesus. Dan apa hak kita dengan menjadi murid Yesus?

Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak Allah, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Dia, ia tidak memiliki hidup.

Hidup kekal akan dianugerahkan bagi orang yang percaya dan memiliki Yesus dalam hatinya!

Action:

Ø  Bersyukur karena aku boleh memiliki Yesus.

Doa:

Tuhan Yesus Kristus, sungguh besar cinta kasih Allah kepada dunia, dan sungguh luhur mulia ketaatanMu pada Allah Bapa. Engkau berkenan turun ke dunia karena Allah mengutusMu. Dan Engkau ingin semua orang percaya kepadaMu, karena sungguh besar rahmat yang akan diberikan Allah kepada orang yang percaya kepadaNya.

Semoga tidak surut dan tidak goyah, kesetiaanku kepadaMu, ya Yesusku. Semoga aku mau dan bertekun dalam menjalani hidup sebagai pengikutMu. Segala hormat dan pujian bagiMu, kini, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar