Rabu, 14 Agustus 2019

KEMATIAN MUSA

Rabu, 14-08-2019

Ulangan 34: 1-12
Mazmur 66: 1-3a, 5,9, 16-17
Injil Matius 18: 15-20

Kitab Ulangan hari ini, berbicara tentang kisah haru kematian Musa. Ketika Musa naik dari Dataran Moab ke atas Gunung Nebo, yakni di atas Puncak Pisga. Di situ Tuhan memperlihatkan kepada Musa seluruh Tanah terjanji yang sudah dijanjikan Tuhan bagi Umat Israel. Dari daerah Gilead sampai kota Dan, dari Lembah Yerikho, Lembah Yordan, dan seluruh tanah Yehuda. Tuhan memperkenankan Musa melihat seluruh negeri itu, tetapi Musa tidak diperkenankan menyeberang ke sana. Dan setelah itu Musa mati. Tuhan sendiri yang menguburkanNya di Tanah Moab, dan sampai hari ini tidak seorang pun yang tahu dimana kubur Musa.

Musa, seorang nabi yang bisa berjumpa dan berhadapan muka dengan Tuhan, berbicara denganNya, dan dengan perintah Tuhan ia melakukan segala hal yang dahsyat dan besar. Setelah Musa, tiada lagi nabi yang bangkit dari antara orang Israel.

Pagi yang sejuk ini, seperti ikut mengenang wafatnya Musa. Dan aku terharu, membaca dan mengikuti segala kisah tentang Musa, seorang nabi yang sepanjang hidupnya menjadi perantaraan Tuhan untuk menyelamatkan Umat Israel. Dan Musa dipilih Tuhan, karena ia memang layak untuk itu. Nabi Musa, kiranya juga akan menyertai umat Tuhan di jaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar