Selasa, 03 Mei 2022

“Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

 Peringatan Santo Filipus dan Yakobus

Sumber:https://bit.ly/3vAPaqc

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (15:1-8)

"Tuhan menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul."

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu akan Injil yang aku beritakan kepadamu dan telah kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, sebagaimana kuberitakan kepadamu; - kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. – Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah dimakamkan, dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul. Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku, seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Mazmur Tanggapan

Nama Tuhan hendak kuwartakan di tengah umat kumuliakan.

Ayat. (Mzm 19:2-3.4-5; R: 5a)

1. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkan kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.

2. Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

Bait Pengantar Injil

Alleluya, alleluya, alleluya

Ayat. (Yoh 14:6)

Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (14:6-14)

"Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, namun engkau tidak mengenal Aku!"

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Thomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.”

Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata ‘Tunjukkanlah Bapa kepada kami?’

Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.

Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.  

Renungan

 Hari ini kita memperingati Santo Filipus dan Yakobus. Kalimat yang dikenal dari Filipus adalah, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.” Dan jawab Yesus, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?

Pertanyaan Filipus seperti mewakili pertanyaan kita atau khususnya saya dan orang-orang lain yang masih berusaha meyakinkan diri dalam berjalan di jalan Tuhan. Dan bagi saya pertanyaan Filipus adalah pertanyaan yang masuk akal karena apa yang dikatakan Yesus, merupakan hal yang sulit dicerna, tentang misteri Tritunggal yang Maha Kudus.

Poin-poin penting bisa jadi bekal rohani penting bagi kita dalam menapaki hidup ini, yaitu:

1. Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; Kalau mau melihat Bapa, ya lihatlah Yesus. Kalau mau bertemu Bapa, ya bertemulah dengan Yesus.

2. Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Perkataan Yesus adalah Firman Allah Bapa sendiri. Kalau mau mendengar perkataan Bapa, ya dengarlah perkataan Yesus.

3. Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Percayakah kita akan hal ini? Bahwa kita mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada yang dilakukan Yesus? Dalam hati saya berkata ,”Wouw…betapa hebatnya Yesus, memberi kepercayaan kepada kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang besar”. Dan modalnya hanya satu, yaitu percaya pada Tuhan Yesus. Maka Firman Yesus kemarin, tentang bekerja untuk makanan yang memberi hidup kekal, dan pekerjaan itu adalah percaya kepadaNya, menjadi hal yang masuk akal. Percaya kepadaNya, maka kita bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi! Amin.

4. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Yesus akan mengabulkan dan melakukan apa yang kita minta dalam namaNya! Dan itu agar nama Bapa semakin dipermuliakan dalam Anak. Jadi semua yang dilakukan Yesus untuk kita adalah agar Allah Bapa agar semakin luhur dan mulia. Betapa Yesus sangat mencintai dan menghormati Allah Bapa. Menjadi pijakan bagi kita juga, bahwa kalau Yesus mengabulkan permohonan kita, terutama bukan untuk menghilangkan keresahan hati kita,tapi agar kita semakin menyadari bahwa Allah melalui diri Yesus Kristus adalah Allah yang Maha Besar, Maha Kuasa, Maha segala-galanya, sekaligus sangat mencintai kita juga.

Hormat dan pujian bagi Allah Bapa di surga dalam nama Yesus Kristus Tuhan kita!

Action:

  • Berdoa pada Allah Bapa, melalui Yesus Kristus, dalam nama Yesus Kristus, dengan perantaraan Yesus Kristus

 Doa:

             Allah Bapa di surga, betapa mulia namaMu di seluruh muka bumi. Engkau Maha segala-galanya, dan Engkau sangat mempercayai AnakMu, Yesus Kristus Tuhan kami. KepadaNya, Engkau menitipkan kami kepadaNya. Dan dalam perlindungan dan kasihNya, asal kami percaya sepenuhnya kepadaNya, Engkau memberi kepercayaan kepada kami untuk melakukan hal-hal yang besar juga.  Allah Bapa di surga, betapa aku sangat berterima kasih atas kebijaksanaanMu ini.

Kalau Engkau berkenan, jadikanlah aku menjadi bagian dalam Karya KeselamatanMu. Berilah aku iman dan kepercayaan yang teguh kepadaMu, dan bimbinglah aku pada jalan yang sudah Engkau rancang bagiKu.

Semua doa ini kami haturkan dalam nama Putra terkasihMu, Tuhan kami Yesus Kristus. Segala hormat dan pujian bagiMu, kini selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar